Cari Tips&Trik Mancing Disini!

Cara Merawat Joran (Stick Pancing)

Halo sobat JM......

Di fanpage Jagoan Mancing ada beberapa yang ngirim PM (private Message) nanyain gimana Cara Merawat Joran pancing. Memang sepele sich ya keliatannya, namun ini juga bagian yang penting. Kalo joran rusak, ngadat, sobat juga kan yang kagak bisa mancing... ;-(

Tips-tips dibawah ini moga-moga bisa bermanfaat untuk sobat JM yang ingin merawat joran-nya agar selalu siap digunakan untuk mancing kapanpun dan dimanapun. Selamat menyimak.....


Cuci dengan air hangat
selepas mancing, terlebih dari laut (air asin), sangat disarankan segera mencuci joran keseluruhan menggunakan air hangat. Mengapa? air laut atau air asin banyak mengandung garam. Jika ini mengenai bahan joran secara terus-menerus tanpa ada perawatan, dikhawatirkan akan membuat joran karatan. Okelah joran sobat dari serat fiber, tapi ring yang dipakai kebanyakan dari logam. Kalo dibiarkan terus-terusan bisa jadi karatan dan mengurangi kekuatan ring ketika Strike!!! atau retas.

Jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung
Alih-alih mau segera dipakai mancing lagi, setelah dicuci kemudian dijemur dibawah terik matahari langsung. Ini bisa mengakibatkan warna dan corak joran usang atau retak.

Pisahkan masing-masing bagian
Ketika hendak membersihkan joran (mencuci), pisahkan semua komponen joran. Mulai dari reel, senar, pancing. Cucilah sendiri-sendiri. Terutama senar pancing, jangan sampai dijemur pada terik matahari. Hal tersebut bisa membuat retas senar. Untuk membersihkan bagian-bagian sulit joran, reel, gunakan sikat kecil yang lembut. Biasanya bekas-bekas pasir menempel didalam. Kalo dibiarkan bisa menjadi hambatan laju reel.

Berilah pelumas
Pemberian pelumas ini sebaiknya dilakukan ketika joran sudah dalam keadaan bersih. Cara pemberian pelumas adalah pada tempat-tempat yang hampir tak terlihat, ruas-ruas sambungan joran, dan juga pada reel. Tidak perlu memakai Oli mahal, cukup gunakan oli bekas bengkel juga bisa. Hal-hal diatas adalah Cara Merawat Joran yang simpel nan ekonomis.

Semoga bermanfaat Sob... ;-)

1 comments:

Terima kasih telah memberikan komen di JagoanMancing.

Maju terus Jagoan Mancing Indonesia!!!