Cari Tips&Trik Mancing Disini!

Lokasi Mancing+Waktu Mancing+Umpan Yang Digunakan = Hasil Yang Memuaskan

Yup, sebelum berangkat ke tempat memancing, jangan lupa untuk menyiapkan segala sesuatunya. Terlebih "lokasi" dimana kita akan memancing, menentukan jenis umpan apa yang akan kita gunakan. Hal ini penting karena akan menentukan hasil dari tangkapan (pancingan) kita.

Jangan sampai lokasi yang kita pilih di muara, umpan yang kita gunakan adalah cacing tanah yang biasa kita gunakan untuk memancing ikan lele di sungai atau di empang (kolam)
. Bukan tidak bisa, akan tetapi lebih baik jika menggunakan umpan sesuai target market kita. bahasanya seperti pengusaha ya... ;-))

So, bagaimana agar kegiatan memancing kita efisien dan efektif untuk menghilangkan penat, mengisi waktu luang, sekaligus mendapatkan tangkapan iken yang memuaskan...??? berikut bisa jandi membantu rekan-rekan sebelum terjun berburu ikan... :

1. Tentukan Lokasi Memancing

Penentuan lokasi memancing ini menjadi kunci utama sebelum kegiatan memancing lainya. Jangan sampai semua peralatan sudah siap, namun kita tidak tahu kemana akan pergi memancing...???!! :-) bisa jadi ujung-ujungnya ya mancing pakek uang ke pasar alias beli ikan... ;-). penentuan lokasi ini menjadi dasar untuk kita menentukan waktu yang tepat dan umpan yang tepat untuk digunakan. Memancing di air tawar seperti empang, kolam, sungai, waduk,dll sudah pasti berbeda dalam hal umpan dibandingkan dengan memancing di air asin seperti laut atau air payau (muara). Mengapa...??? karena jenis ikan yang hisup disana pun, sedikit banyak juga akan berbeda. Hal ini sangat penting untuk kita menentukan umpan yang tepat buat menarik ikan-ikan tersebut.

2. Tentukan Waktu Memancing

Setelah menentukan waktu memancing, tugas kita sekarang adalah waktu memancing yang tepat. Mengapa...??? jangan sampai ketika pergi memancing, kita pergi pada saat ikan gak biasa mencari makan/lapar di waktu tersebut. Bayangkan kalau kita memancing, sedangkan ikan-ikan pada nyenyak tidur karena kekenyangan...???!!! maukah kita menunggunya sampai bangun...??? ;-) So pasti tidak ya.
Untuk ikan-ikan jenis tertentu, memang harus tau kapan ikan tersebut waktu buas-buasnya mencari makan. Sebagai contoh kecil adalah ikan lele. Banyak para pemancing yang memburu ikan ini di malam hari, sore menjelang magrib, atau bahkan pagi-pagi sekali. Karena pada saat-saat inilah sang ikan tersebut biasanya sedang buas-buasnya dalam mencari makan. Hal ini menjadi kesempatan bagi kita untuk memberinya umpan/makanan ;-) dan buktikan saja hasilnya ketika kita memancing di luar waktu-waktu tersebut. Memang tidak harus, namun kebanyakan seperti itu ;-). Lain halnya jika kita memancingnya di kolam/empang yang memang sudah tersedia ikan-ikanya. Kapanpun kita datang, kemungkinan dapat ikan tetep ada... kecuali kalo ikanya habis...??? ;-)

3. Tentukan Umpan Yang Digunakan

Umpan...??? Yups, meski remeh, ini harus menjadi perhatian tersendiri. Karena tidak semua jenis ikan menyukai segala macam umpan. Kecuali orangnya yang mancing... ;-). Bisa kita lihat ketika ada orang sedang memancing di pinggir sungai, waduk, muara, empang, atau bahkan laut. Antara pemancing satu dengan yang lain, kebanyakan tidak sama dalam menggunakan umpan. Hal ini berangkat dari pengalaman mereka dalam dunia mancing atau bisa jadi hasil tukar pikiran/tukar pengalaman dengan pemancing lainya. Silahkan anda buktikan...!!! ;-) . Mengapa terjadi demikian...??? karena mereka sudah tau betul akan umpan apa yang paling disenangi ikan buruanya. Jangan sampai mancing ikan mas, kita menggunakan umpan buatan dari kayu yang biasa digunakan pemancing untuk memancing di laut. Hasilnya bisa dipastikan tidak maksimal. Kalaupun ada, itu ikan yang kelaparan bwangeeets... ;-0

Ketiga hal di atas adalah panduan paten bagi siapa saja yang ingin pergi memancing. Memang tidak harus, namun untuk hasil maksimal , hal diatas haruslah dilakukan...!!! ;-)

Selamat menerapkan sedikit panduan di atas dan segeralah pergi memancing sebelumnya ikanya diburu pemancing lain... ;-0
Reaksi:

4 komentar:

  1. keren nih....
    salam kenal dari pemancing amatir Ponorogo... :)
    http://www.pawargo.com

    BalasHapus
  2. Wokeeyyy....SIAP Gan! SEGERA.... ;-)

    BalasHapus

Terima kasih telah memberikan komen di JagoanMancing.

Maju terus Jagoan Mancing Indonesia!!!