Cari Tips&Trik Mancing Disini!

Cara Mancing Udang Galah

Salam sobat JM.....

Masih seneng berburu ikan air tawar...???
Kali ini JM akan ngebahas Cara Mancing Udang Galah plus apa aja perlengkapan yang sobat butuhin bwat ngeburu nich udang. 

Tapi sebelumnya perlu sobat perhatiin dah karakter nich udang. Yang pasti ada bedalah ama ikan biasanya yang sobat incer. Mancing udang sedikit beda sob ama mancing ikan. Apalagi Cara Mancing Udang Galah ini, amat perlu kesabaran. Silahkan simak ya.....


Sobat JM dituntut peka ya. Pada saat umpan dimakan oleh udang, joran kebanyakan akan melengkung, yang perlu sobat lakuin adalah jangan langsung menarik, cukup tahan aja ya apalagi sampek dihentak. Why? karena bisa ngebuat mulut udang robek. 

Cukup Angkat joran pelan-pelan sambil menggulung reel pelan-pelan juga. Usahain posisi ujung joran diatas udang sehingga line atau senar tegak lurus dengan permukaan air. Karakter Udang biasanya jika terkena pancing akan mundur kebelakang dan membengkokan tubuhnya. Kalo sung dihentak atau ditarik terlalu kencang akan membuat mulutnya sobek terkena kail. Naaah... dari ini aja kerasa kan perbedaan Cara mancing ikan ama Cara Mancing Udang Galah...??? 
 
Selanjutnya......

Gunain Joran dengan ujung yang lentur dan sensitif serta ring atau cincin yang kecil. Reel spining kecil ukuran kolam, bisa juga menggunakan penggulung kayu. Senar berupa monofilamen tipis, ukuran 1-2lbs dan leader 2-8 lbs.

Kail yang digunakan adalah kail khusus udang, bisa sobat beli di toko-toko pancing. Gunain kail nomor 9-12. Untuk timah pemberat cukup yang kecil dengan stoper. Timah jangan terlalu berat, yang penting tidak terbawa arus.


Bagaimana Dengan Umpan Untuk Mancing Udang Galah ?
Umpan yang digunakan untuk mancing udang galah bisa cacing tanah, cacing susu, cacing bakau, bahkan anak udang. Sementara untuk chumming (BOM) gunakan kelapa bakar yang dipecah-pecah. Cara Mancing Udang Galah dengan umpan BOM kelapa gini sob; iris-iris tuch kelapa jadi kira-kira sebesar jari kelingking. Jangan terlalu kecil. Kemudian goreng atau sangrai lebih bagus. Kalo udah agak gosong-gosong, berarti udah siap dijadikan BOM ;-)


Lokasi Yang Bagus Mancing Udang Galah
Memancing udang galah sebaiknya tidak pada saat air pasang dan cuaca dengan curah hujan cukup tinggi. Waktu terbaik mancing udang galah ialah pada saat kemarau dan air surut. Biasanya udang sangat agresif pada malam hari. Tempat favorit bagi udang biasanya diantara kayu log/glondongan yang terendam di sungai. Selain itu Udang galah juga sering bermain pada dasar sungai. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan spot udang galah didasar sungai adalah seperti berikut:


  • Kenali struktur dasar sungai tempat dimana kita memancing. Selalunya dasar sungai berbentuk lika liku dan beralun-alun.
  • Pada tikungan sungai lazimnya aliran air agak perlahan atau alirannya tidak terlalu deras.
  • Pada arus deras menandakan kawasan tersebut lebih dalam, manakala aliran perlahan pula adalah sebaliknya.


Semakin banyak mencoba maka sobat juga akan peka bagaimana Cara Mancing Udang Galah yang sipp. Selamat mencoba!

2 comments:

  1. Cara mancing udang dan perlatan yang digunakan memang berbeda jika dibandingkan ketika mancing ikan,,,,

    ReplyDelete
  2. thanks cara memancing udang galah

    ReplyDelete

Terima kasih telah memberikan komen di JagoanMancing.

Maju terus Jagoan Mancing Indonesia!!!