Cari Tips&Trik Mancing Disini!

Cara Memilih Joran Pancing

cara memilih joran pancing
Halo sobat JM.....

Udah berapa kali strike minggu ini....??? ;-)
Yang pasti sebagai sobat JM, adalah waktu khusus buat menghabiskan hoby dengan memancing, RIGHT?

Karena aktifitas mancing sering berada diberbagai lokasi, spot. Maka perlu juga memperhatikan panjang-pendek joran, kualitas joran, kelenturan joran atau stick atau tongkat mancing, Kalo tidak, ya bisa-bisa kurang maksimal. Maka kali ini JM akan ngebahas "Cara Memilih Joran Pancing". Selamat menyimak....
-->

Perhatikan Bahan
Sebaiknya sobat JM memilih bahan pembuatan joran dari fiberglass. Mengapa? karena memiliki tingkat kelenturan yang bagus. Pilih yang nyaman di genggaman sobat.

Perhatikan Panjang-Pendek
Cara memilih joran pancing selanjutnya adalah sobat musti merhatiin panjang-pendek joran. Hal ini berhubungan dengan lokasi dimana sobat JM mau berburu ikan. Untuk kelas empang sederhana, kecil, cukuplah dengan joran pendek namun memiliki kekuatan yang bagus. Panjang joran yang ideal adalah 120 cm hingga 180 cm. Ukuran yang umum digunakan berkisar 5-6 (5 feet 6 inch s/d 6 feet) 168~180 cm. Ukuran biasanya tertera jelas pada badan joran.

Perhatikan Jumlah Jalur Senar/Benang
Jumlah jalur benang (senar) minimal berjumlah 5 agar pembagian beban pada batang joran merata. Kelenturan atau aksi joran disesuaikan dengan keperluan sobat. Makin lentur akan makin bertambah kepekaannya terhadap gigitan ikan. Ukuran kelenturan biasanya disebut taper, misalnya fast taper, medium taper, slow taper, dan beberapa kombinasi.

Untuk fast taper, kelenturan joran sepertiga bagian hingga ke ujungnya (tip action). Joran tipe ini hanya melengkung di bagian ujungnya, sedangkan pangkalnya tetap lurus tanpa beraksi. Penggunanaannya dimaksudkan untuk kecepatan. Cocok dipakai saat lomba atau mancing sistem galatama.
-->

Bila banyak variasi mancing dan lomba yang sering Anda lakoni, pilihlah yang medium taper jika memang Anda tidak terlalu memikirkan soal spesifikasi tadi. Ini yang tak kalah penting dalam Memilih Joran Pancing.

Padukan tingkat kelenturan tadi dengan kekuatan atau kelas kenur yang digunakan. Kenur terlalu kecil akan mudah putus bila dipadu dengan fast taper. Sebaliknya, joran slow taper berisiko patah jika dipadu kenur berkekuatan besar saat menghentakkan joran atau saat menaklukkan ikan.



Medium taper adalah kelenturan joran dari bagian tengah sampai ke ujungnya (middle to tip action) yang akan melengkung dari bagian tengah ke ujungnya. Slow taper (through action) akan melengkung dari pangkal hingga ke ujung joran.
Medium taper dan slow taper biasanya digunakan untuk mancing harian atau perlombaan mancing yang bersifat santai.
Yang perlu diingat adalah aksi joran yang melengkung itu akan menimbulkan reaksi pada gerakan meluruskan kembali pada joran. Reaksi inilah yang membantu Anda menguras tenaga ikan.
Kini telah banyak produsen joran yang mengeluarkan produk joran tanpa marit. Jadi, kenur langsung melewati rongga batang joran. Keuntungannya, joran akan melengkung sempurna sehingga menambah kekuatan joran.
Itulah beberapa Cara Memilih Joran yang baik

Selamat memillih sobat ;-)

-->

Reactions:

1 comments:

  1. RUMAH JAWA JOGJA
    -Jual beli rumah joglo dan rumah limasan
    -Jasa bongkar pasang rumah joglo dan rumah limasan
    -Konsultan dan pemborong pembangunan rumah jawa
    kunjungi situs resmi RUMAH JAWA JOGJA dan dapatkan info rumah dijual murah harga mulai 20 jutaan

    ReplyDelete

Terima kasih telah memberikan komen di JagoanMancing.

Maju terus Jagoan Mancing Indonesia!!!