Cari Tips&Trik Mancing Disini!

Umpan Ampuh Ikan Air Tawar

Yuhuuuui, ketemu lagi dengan saya ;-) Kali ini saya akan bagikan pengalaman dari seorang sobat saya yang maniak mancing. Yup, dia telah melanglang buana. Mulai dari memancing liar maupun turnamen mancing, meski kelasnya tarkam (antar-kampung)..;-) Tidak jadi masalah untuk itu, yang penting rumusnya untuk meramu umpan ikan pancingan, khususnya air tawar, SANGAT boleh dicoba..! Untuk temen-temen yang suka mancing di air tawar dengan jenis ikan seperti lele, mujaer, nilla, dan sejenisnya, hal ini patut dicoba, Yaitu: 1. Jika Ikan Buruanmu Adalah Lele Tidak usah pusing-pusing untuk membuat umpan buatan dari berbagai macam bahan untuk memancing ikan jenis ini. Cukup gunakan cacing tanah. Namun, perlu anda poles dengan sedikit bumbu agar anda lebih dilirik (umpan) maksudnya ;-) oleh si Lele. How...???
  • pertama : Carilah cacing tanah
  • kedua : Telor bebek, ambil kuningnya saja
  • Ketiga : Masukkan kuning telor bebek ke dalam wadah, kemudian campurkan/aduk cacing kedalamnya
  • Keempat : Pergilah berburu lele ! Buktikan apa yang terjadi... ;-)
2. Jika Buruanmu Adalah Nilla, Mujaer, dan sejenisnya Tidak perlu banyak keluar duit untuk umpan buatan ini. cukup simpel, namun mematikan alias DAHSYAT.... ;-)
  • Pertama : Beli/ambilah pelet (pakan ikan)
  • Kedua : Ambilah daun pandan (yang biasa dibuat penyedap santan/makanan), tumbuk lalu ambil airnya saja. Diblender juga boleh ;-)
  • Ketiga : Campur pelet dan air pandan tersebut. Aduk-aduk hingga menyatu.
  • Keempat : Umpan siap DIGUNAKAN...
Selamat mencoba teman-teman, semoga bermanfaat... ;-)
Reaksi:

9 komentar:

  1. Gimana kalau diulas umpan untuk nilla di waduk dengan umpan lumut? Tempatku sih begitu (pakai lumut) Sob. Salam Blogger & Mancing Mania dari SOLO

    BalasHapus
  2. bsok,, mancing perdana,,, awas ya bos kalo gagal,.,. haha

    BalasHapus
  3. kapuk: Sbb sob... lg baru aja nongol,hihihihii... Oke, SIAP. di Wait aja...

    Anonim: hehheee....Yups. RESEP sudah diuji coba! ;-)

    BalasHapus
  4. THANKSS SUHU INFONYA TAK COBA WETSSS ANE PEMULA BARU DUA HARI MANCING BUT ILMU BELAJAR DI INTERNET AND SALAH SATUNYA COBA SARAN KAKANDA .. EH SI SENIOR GELLENG2 ..

    BalasHapus
  5. Gimana kalo mancing di jatiluhur jawa barat,umpan yg manjur umpan apa ya selain lumut,mohon pencerahannya dong....:)

    BalasHapus
  6. @Takdir Zulkifli: oke mas bro... silahkan dicoba, moga aja STRIIIKE... ;-)

    @Agung: selain lumut, bisa pakek cara yg diatas mas bro ;-)

    BalasHapus
  7. intinya sabar adalah bekal utama dalam hal apa saja,trmasuk mancing ikan.klo itu sudah tertanam atau terbiasa maka anda kebal terhadap kekecewaan.Kemudian waktu,waktu adalah sgt pnting sekali.supaya tdk membuang2 waktu kita harus tau waktu yg tepat utk memancing.Yg telah diulas di komunitas jagoan mancing misalnya, idealnya mulai jam 6-9 pagi kmdn jm 3-6 sore dst.. tentang umpan yg ideal juga sudah lengkap di KJM.pada dasarnya memancing tidak butuh keahlian khusus!! yg ada adlh bejo/keberuntungan,kecuali dlm hal menarik/menangkap/menggulung atow apa ajalah istilahnya.nah disinilah letak serunya memancing,bgmn cara menariknya agar supaya ikan dapat kita tangkap! salam mancing...

    BalasHapus
  8. gan,di Beran,sleman,Yogyakarta ad waduk yg isinya ikan nila besar2,tapi masalahnya ikan di situ gak mau makan umpan,ane udah nyoba mancing dgn sgala macam umpan ttep ga d samber.cara mancing orang d situ cuma pake kail renteng tanpa umpan mlh pada dapet,dan ane ga pernah dapet. mohon penceraham..:)

    BalasHapus
  9. kalau air dingin sekali pakai tambahkan kotoran kerbau, sapi, atau kuda
    air engga agak dingin, kotoran domba,
    air cukup dingin kotoran ayam
    mau tok cer pakai minyak ikan aapotek atau infusan putih

    BalasHapus

Terima kasih telah memberikan komen di JagoanMancing.

Maju terus Jagoan Mancing Indonesia!!!